Jumat, 02 Maret 2012

ADAB-ADAB SEBUAH MAJLIS

Majlis adalah sekumpulan orang yang mengadakan pertemuan dalam suatu tempat. Majlis di adakan biasanya untuk menyamakan visi dan misi anggota majlis tersebut melalui berbagai cara dan metode. Dalam sebuah majlis, perlulah adanya adab-adabnya. Diantara adab dalam sebuah majlis adalah:
1.) Membaca basmalah
membaca basmalah adalah hal yang sangat penting, dimana suatu majlis atau apapun yang di dahului dengan bacaan tersebut, maka majlis tersebut terindikasi diniatkan karena Allah SWT. Dalam sebuah hadits di riwayatkan bahwa suatu apapun yang berhubungan dengan agama, dan tidak dimulai dengan bismillah di awalnya, maka sesuatu itu akan terputus dari barakah Allah. Oleh karena pentingnya membaca basmallah dalam setiap aktifitas kita, maka seyogyanya kita membiasakan diri untuk membaca hal ini, banyak keutamaan dari bacaan basmallah ini jika di niatkan ikhlas dalam hati.

2. ) Berinfaq
Infaq selalu di anjurkan dalam segala keadaan, baik dalam waktu lapang maupun sempit. Infaq itu sendiri adalah mengeluarkan harta baik yang berbentuk fisik maupun non-fisik untuk keperluan orang lain. dalam hal ini bisa untuk perorangan dan organisasi. Begitu banyak anjuran infaq dalam Al-Qur'an, karena infaq itu mempunyai banyak sekali keutamaan. dan mengapa harus berinfaq? ada istilah arab mengatakan juyufuna shunduquna (pedang kita adalah kantong-kantong kita) anjuran berinfaq dalam majlis ini tercantum dalam qur'an surat 58 ayat 12.

3) Tilawah Al-Qur'an
Seorang mukmin yang tidak pernah membaca al-qur'an itu bagai buah handzalah, yang bentuknya bagus dan menggiurkan tetapi rasanya pahit. Maka membaca al-Qur'an di anjurkan dalam segala hal aktifitas kita, termasuk dalam sebuah majlis. Sebelum masuk pada inti dari majlis itu hendaklah di baca Al-Qur'an tersebut. Hal ini termaksutb dalam qur'an surat 7 ayat 204

4.) Tausiyah
Apapun majlisnya, tausiyah jangan ditiadakan. karena dalam tausiyah ini peserta majlis bisa saling berkomunikasi dan saling menasihati. dalam tausiyah ini, seyogyanya jangan hanya satu arah saja dalam arti ceramah hanya dari pemateri saja, tetapi lebih ke komunikasi dua arah. karena dengan komunikasi dua arah ini sasaran mad'u akan lebih mengena, kalau hanya menggunakan ceramah satu arah, maka da'i belum tentu bisa menguasai mad'u dan permasalahan yang seharusnya diselesaikan oleh da'i terhadap mad'u terkadang tidak macth. hal ini termaktub dalam qur'an surat 103 ayat 1-3

5.) Do'a
Hendaklah suatu majlis itu di aklhiri dengan do'a, karena inti dari segala macam ibadah adalah do'a. dan majlis terutama majlis ilmu juga merupakan bentuk ibadah kepada Allah. 

inilah sedikit materi yang disampaikan pada pertemuan pertama liqo malam sabtu di PP Darut Taqwa.

0 komentar: